jump to navigation

Terbangun Dari Tidur Panjang 19/12/2013

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
add a comment

Dear kawan, seperti terbangun dari tidur panjang, akhirnya saya menulis kembali di Blog ini (setelah terakhir menulis tahun 2011). Kalau diibaratkan rumah, mungkin BLOG ini sudah seperti rumah tua tak berpenghuni, tak terawat, banyak sarang laba-laba disana-sini, dan berhantu 🙂 .

Tidak terasa, 2013, begitu banyak hal yang sudah dilewati. Lulus Kuliah S1…. lalu merantau ke Bandung untuk mendapatkan gelar .Apt (Apoteker)… kemudian pulang ke Bali  menjadi seorang pegawai di salah satu perusahaan Swasta Nasional, dan mengganti status menjadi “menikah”.

Akhirnya saya menemukan kembali BLOG yang sudah lama terlupakan ini, dan kata hati saya mengatakan “Kamu harus menulis lagi….”

Kata orang bijak, memulai sesuatu yg baru gak boleh setengah-setengah, begitu juga dengan blog ini, tentunya banyak hal yang harus saya perbaharui, termasuk menghilangkan tulisan-tulisan yang kira-kira gak penting-penting amat, menghapus image yg entah kenapa menghilang, dll. Namun untuk masalah desain/ themes, sepertinya tidak banyak yang saya rubah (kebetulan belum nemu yg pas), namun seiringnya waktu, wajah BLOG ini akan saya rubah.

Tanpa perlu ber-panjang x lebar lagi, saya ucapkan selamat datang di JP BELOGS kembali. Semoga tulisan-tulisan saya berikutnya akan bermanfaat untuk kawan-kawan yang kebetulan mampir disini.

 

Denpasar, 19 Desember 2013

Regard

Kadek Joni Prayoga, S.Farm.,Apt.

Ade Jujun, Jualan Keripik 5 Hari Tidak Pulang (Kisah Nyata Anak Jalanan) 07/04/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , ,
14 comments

Sore hari pulang main FutsaL, cape banget tapi sempet-sempetin juga nih browsing sambil ngintipin HOT THREADS di kaskus.us… trus ketemu sama POST-ingan kaskuser ber-initial  jazz. (UserID: 1006321) tentang pengalamannya bertemu seorang anak penjual keripik keliling bernama Ade Jujun. Sedih dan mengharukan banget kawand…saya yang membaca saja sampai menitikan air mata, apalagi beliau yang merasakan langsung…

Bukan maksRud pengen kopi-pasteee  karya orang kawand…tapi saya cuma ingin menyampaikan pengalaman berharga saudara Jazz dan temen-temen yang koment disana…bahwa seharusnya sebagai manusia kita wajib mensyukuri apa yang kita punya sekarang dan jangan cuma melihat ke atas saja tapi wajib hukumnya melihat ke bawah, menyadari bahwa masih ada saudara-saudara yang hidupnya tak seberuntung kita…langsung aja teman-teman…jangan lupa ambil tissue kalian…selamat membaca Kisah Ade Jujun oleh jazz ‘kaskuser’ :

=================================================================================

anak jalanan juga bagian nyata dari kita !

Juragan, saya curhat sedikit boleh yah? disimak boleh, ngga juga gapapa.

saya baru nyampe kosan nih, gan. baru habis keluar ke daerah dago. waktu nongkrong di Circle K, ada anak kecil datengin saya, gan.“a’, mau beli keripik?” saya liatin aja, trus dianya langsung noleh mau pergi. saya panggil sambil nanya, “itu keripik apa?”, trus dia dateng cuma ngeliatin keripik yang ada dalem keranjangnya. “ini berapaan?” saya nanya, dia jawab “2500, a’..”. singkat cerita saya beli keripik singkongnya, trus ajak duduk sambil cerita2.

lama saya ngobrolnya, gan. sejam lebih. (padahal ntar saya UTS akuntansi biaya). dari obrolan saya dengan dia, berikut informasi yang saya dapatkan..
:: namanya Ade Jujun, kelas 5 SD.
:: jualan keripik dari kelas 1 SD.
:: Bapak Ibunya tukang cuci.
:: waktu dia kelas 1 SD, kakaknya meninggal karena usus buntu.
:: alm. kakaknya, dulunya jualan keripik juga, trus dia yang lanjutin (sejak kelas 1 SD).
:: terakhir makan jam 6 sore (ngobrolnya sekitar jam 12 malam.)
:: tinggal di Ciparay, Majalaya.
:: udah 5 hari belum ga pulang kerumah. (ama hari ini kayanya 6 hari).
:: kalo mau jualan, naik angkot dengan ongkos PP 40rb.
:: sekali perjalanan angkot, kalo lancar ngabisin waktu 3 jam.
:: tidurnya jam 6 pagi, dibawah fly over, dago. bangunnya jam 8.
:: tentang cita2, awalnya dia bilang mau ikut idola cilik. trus kalo gedenya pengen jadi tentara.
:: saya bilang ke dia ” jadi tentara susah.. mahal.. gimana dong?” dia jawab,konglongmerat, jadi konglongmerat aja..
:: “jadi konglongmerat? jadi konglongmerat mah cuma punya duit banyak doang..” dia diem..
:: “oke, gini deh. kamu kalo punya duit banyak mau ngapain?” dia jawab “bahagiain orang tua..”
:: (saddest part) “gimana kamu mau bahagiain Bapak Ibu kamu?”, jawabannya “mau beliin mamah baju yang bagus, papah juga baju yang bagus.”
:: hanya akan pulang ke rumah kalau dagangan habis.
:: berangkat jualan dengan modal 50rb dari orang tuanya.
:: sisa duit dikantong 8000 rupiah setelah saya beli keripik.
:: sekarang lagi liburan sekolah.
:: kadang2 main bola ama anak2 yang lain dibawah fly over.

sisanya saya rada lupa, gan. kalo ingat saya pasti update.
yang saya ingat cuma satu, gan. dia ga pernah ga senyum.

sedih banget saya, gan. mau nangis, tapi susah rasanya. saya juga bingung, kok bisa yah? ada orang yang bisa hidup enak, ga pernah kekurangan makanan, tidur nyenyak dikasur yang nyaman, tanpa melakukan apa yang dilakukan Ade Jujun?

doa saya, semoga KITA SEMUA bisa lebih mensyukuri apa yang sudah digratiskan Tuhan kepada kita. menurut saya ujian dan nikmat seharusnya mendapatkan rasa syukur yang sama. kata orang pintar, tanpa ujian kita tidak akan menjadi lebih hebat.

di perpisahan saya dengan Ade Jujun, saya sangat menyesal dan merasa berdosa karena ga berani ngasih duit. menurut saya, saya hanya akan mengajarkan meminta-minta ke dia. saya ga mau dia menjadi orang yang seperti itu.

saya hanya bisa membeli sebungkus keripik (2500) dan ngasih bekal roti dan minuman buat besok dia sarapan. ngga tega, gan. baru kepikiran saya, kenapa ga saya beli semua aja keripiknya biar dia pulang? padahal saya tau dia ga bisa pulang kalo keripiknya belum habis. sedih saya liat senyumnya waktu saya ninggalin dia (sekarang udah nangis). dia ga berhenti ngelambaikan tangan sambil senyum. aduh, ga kuat euy. saya sadar, ga ada perubahan di hari2 dia besok dengan apa yang saya kasih. ga ada.

kalo boleh nitip pesan, saya mau kita semua lebih merhatiin orang2 seperti Ade Jujun ini. kita semua mungkin tahu “mereka” masih kurang mendapat perhatian dari kita dan pemerintah.

sekian aja yah, gan? ternyata ga hanya ada dikisah lagu Sore Tugu Pancoran, saya mengalami langsung kejadian ini. semoga Allah menjaga Ade Jujun dan mereka yang bernasib sama. saya sangat berharap sekali bisa kembali bertemu Ade Jujun. saya janji, kalo ketemu lagi saya usahain keripiknya laku bair dia pulang. kalo ada duit saya beli, kalo apes ga ada saya bantu jualin.

nah..
:x: TS tinggalnya di daerah Gegerkalong, gan..
:x: Ade Jujun jalannya di daerah Dago.
:x: rumahnya di Ciparay, ada di bagian kanan bawah peta.. jauh gan..


(yang lupa saya tulis)

:: waktu awal2 saya ngobrol, temen saya bawain minuman green tea botol, lupa merknya, setelah saya bukain, langsung abis tuh minuman. minumnya ampe ngucur2 ke dagu, gan.. hehehehe.

:: dia pernah diangkut petugas gitu deh gan, dibawa ke polsek. kata dia “ama komandan disuruh lepasin, trus dilarang jualan di jalanan.” (ane jadi bingung tuh polisi ga mikir yah? dia bakal jualan dimana lagi kalo ga dijalanan?)

:: waktu TS ajak masuk ke dalam Circle K, Ade Jujun ga mau masuk sambil nunjukin sepatu. dia malu. (kasian saya liat di gitu, gan..)

:: berikutnya Ade Jujun malah buka sepatu dulu sebelum masuk Circle K. (makin kasian, saya langsung rangkul Ade Jujun kedalam.

:: waktu saya suruh milih roti, “kamu pilih roti yang kamu mau, ga usah liat harganya yah?”. dia ngambil roti Mocca dari Sari Roti. setelah saya perhatiin, itu yang paling murah.

:: saya suruh dia milih lagi 2 roti yang dia mau, Ade Jujun mundur selangkah sambil menggelengkan kepala trus ngomong “udah a’..”. karena buru2, saya langsung pilihin aja roti cokelat dan keju. “suka cokelat ama keju kan?”, dijawab ama senyuman. (tenang banget hati saya keinget senyuman dia)

:: di cashier, saya tawarin minuman, kembali dengan cara yang sama, Ade Jujun mundur selangkah sambil menggelengkan kepala..

:: saya tarik ke kulkas Circle K, dia ga mau ngambil.. saya paksa, tetep gamau.. saya tanyain suka jeruk apa ngga, dia ngangguk. saya ambilin pulpy.. “gapapa dingin?”, dia ngangguk sambil senyum..

:: pesan TS kepada Ade Jun setelah jajan bareng Ade Jujun.. “kalau misalnya nanti suatu saat kamu nanti udah gabisa lagi jualan keripik, jangan meminta-minta yah.. ingat pesen aa’!”

:: “selain nyuci bapak ga pernah kerja yang lain kaya nyupir angkot ato kuli bangunan?”, saya nanya.“ngojek. papah nyuci, ngojek juga” kata Ade Jujun..

:: saya sempat nanya “kamu ga capek?”, dia jawab sambil nyengir “capeek, hehehe..”

::sejak hari rabu, keripik yag dibawa Ade Jujun ada 6 bungkus. 5 bungkus yang harga 2500 dan 1 bungkus yang harga 5000
sejak hari rabu, baru laku 1..

:: saya nanya untung kamu dimana kalo kaya gitu? (gap ongkos dan untung jualan udah ga masuk akal) dia cuma diem dan senyum.

:: saya sempat jadi suudzon ke orang tuanya.. pikiran jahat saya, orang tuanya hanya membiarkan anaknya hidup dijalan dengan bekal beberapa bungkus keripik dan uang 50 rb sewaktu berangkat, dengan tujuan agar si Ade Jujun ga merasakan susahnya keadaan rumah.. atau mungkin biar orang tuanya ga perlu biayain. (ini pikiran ane yang paling negatif kemarin malam).

:: kata Ade Jujun, dia juga ada yang malakin sekitar 10rb dekat jalan rel kereta. (sumpah ini yang malakin tega bener)

:: ADE JUJUN ITU COWOK,GAN.. MAAF, SAYA LUPA SHARE..

=============================================================================

Sekian POST-ingan saya hari ini kawand….

Saya bukan penjiplak, ataupun plagiat, saya cuman orang yang ingin membagi cerita seorang sahabat yang memiliki makna sangat besar…Bagi yang ingin melihat versi aslinya bisa klik (D I S I N I)

Trims uda membaca kawand…saya udah nggak kuat lagi…semoga kisah nyata ini bisa menyadarkan semua orang di Negara Indonesia ini….

……………………
.. … … … … … … … .„–~–„
… … … … … … … ../:.:.:.:.:.|
… … … … … … … .|;.;.;.;.;.;/… …
… … … … ._„„„„„„„_.);.;.;.;.;.|…… …… …… …
… … … „-“:.:.:.:.:.:.”~-„;.;.;.;|…… … … …
… … .. (_„„„„„„—„„_:.:. );.;.;..”„
… … „-“:.:.:.:.:.:.:.:””-„/;.;.;.;.;.”„
… .. (:.___„„„„„„„„„___);.;.;.;.;.;.;.|
… .. /””:.:.:.:.:.:.:.:¯””\;.;.;.;.;.;.„”
… . \:.__„„„„„„„„„„„„„„__/;;;;;;;;;;;/\
… .. \.:.:.:.:.:.:.:.:.:.:.);;;;;;;;;;/:::\
… … . \„„„„—~~~;;;;;;;;;;;;;„”:::::::\
… … … . “””~~–„„„„„„„„„„„-“::::::::::::\
… … … … … … \:::::::::::::::::::::::::\

“SWASTI RAHINA SARASWATI…” 27/02/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: , , , ,
8 comments

Om Swastiastu,

Hari ini, seluruh umat Hindu merayakan datangnya Hari Ilmu Pengatahuan, yaitu Rahina Saraswati (Hari Raya Saraswati). Hari Suci ini dirayakan tiap 210 hari atau tiap enam bulan sekali, tepatnya setiap hari Sabtu Umanis wuku Watugunung. Pada rahina ini dilakukan pemujaan terhadap Dewi Saraswati yang merupakan Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni dengan membersihkan, mengumpulkan, kemudian menghaturkan pustaka-pustaka, lontar-lontar, buku-buku dan alat-alat tulis menulis yang mengandung ajaran atau berguna untuk ajaran-ajaran agama, kesusilaan dan sebagainya pada suatu tempat, di pura, di pemerajan atau di dalam bilik untuk diupacarai.

Sehari setelah hari Saraswati disebut hari Banyupinaruh, pada saat ini umat melakukan penyucian diri dengan cara mandi kelaut, ke sungai atau mandi dengan “air kumkuman” (air dicampur dengam berbagai jenis bunga) setelah menyucikan diri dilanjutkan dengan sembahyang memuja Dewi Saraswati memohon anugrah berupa kaweruhan/kepandaian.

Dalam legenda digambarkan bahwa Saraswati adalah Dewi/ lstri Brahma. Saraswati adalah Dewi pelindung/ pelimpah pengetahuan, kesadaran (widya), dan sastra. Berkat anugerah dewi Saraswati, kita menjadi manusia yang beradab dan berkebudayaan

Dewi Saraswati (सरस्वती; sarasvatī) adalah salah satu dari tiga Dewi utama dalam Agama Hindu, dua yang lainnya adalah Dewi Sri (Laksmi) dan Dewi Uma (Durga). Saraswati adalah Sakti (istri) dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta. Saraswati berasal dari akar kata sr yang berarti mengalir. Dalam Regweda V.75.3, Saraswati juga disebut sebagai Dewi Sungai, disamping Gangga, Yamuna, Susoma dan yang lainnya.

Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok wanita cantik, dengan kulit halus dan bersih, merupakan perlambang bahwa ilmu pengetahuan suci akan memberikan keindahan dalam diri. Dewi Ilmu Pengetahuan ini tampak berpakaian dengan dominasi warna putih, terkesan sopan, menunjukan bahwa pengetahuan suci akan membawa para pelajar pada kesahajaan. Saraswati dapat digambarkan duduk atau berdiri diatas bunga teratai, dan juga terdapat angsa yang merupakan wahana atau kendaraan suci darinya, yang mana semua itu merupakan simbol dari kebenaran sejati. Selain itu, dalam penggambaran sering juga terlukis burung merak

Dewi Saraswati digambarkan memiliki empat lengan yang melambangkan empat aspek kepribadian manusia dalam mempelajari ilmu pengetahuan: pikiran, intelektual, waspada (mawas diri) dan ego. Di masing-masing lengan tergenggam empat benda yang berbeda, yaitu:

  • Lontar (Buku) adalah kitab suci Weda, yang melambangkan pengetahuan universal, abadi, dan ilmu sejati.
  • Ganitri (Tasbih) yang melambangkan kekuatan meditasi dan pengetahuan spiritual.
  • Wina (Kecapi) merupakan alat musik yang melambangkan kesempurnaan seni dan ilmu pengetahuan.
  • Damaru (kendang kecil).

Angsa merupakan simbol yang sangat populer yang berkaitan erat dengan Saraswati sebagai wahana (kendaraan suci). Angsa juga melambangkan penguasaan atas Wiweka (daya nalar) dan Wairagya yang sempurna, memiliki kemampuan memilah susu di antara lumpur,  memilah antara yang baik dan yang buruk. Angsa berenang di air tanpa membasahi bulu-bulunya, yang memiliki filosofi bahwa seseorang yang bijaksana dalam menjalani kehidupan layaknya orang biasa tanpa terbawa arus keduniawian.

Selain angsa, juga sering terdapat Merak dalam penggambaran Dewi Saraswati, yang mana adalah simbol dari kesombongan, kebanggaan semu, sebab merak sesekali waktu mengembangkan bulu-bulunya yang indah namun bukan keindahan yang abadi.

OKaiLaH teman-teman,,, jangan pernah ada kata berhenti untuk menuntut iLmu seperti kata pepatah “Long Live Learning…”

” Swasti Rahina Saraswati untuk semeton yang merayakan….

KeLewatan Pertandingan BoLa? Tinggal ‘DownLoad’… 22/02/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , ,
13 comments

Rabu, 17 Februari 2010 saya terbangun dengan wajah awut-awutan, kepala berat sebelah dan badan reot semua, kemudian dengan mata peceng melirik jam dinding yang terpasang naas di dinding kamar….Ya Ampun…!!! Ternyata sudah jam 9 Pagi agak kesiangan, dan saya melewatkan pertandingan besar Liga Champion antara AC.Milan verus Manchester United…D*mn!!! Sh^t!!!F%ck!!!B$ngs&t!!!

Memang pertandingan antara dua klub besar dari Itali dan Inggris ini sudah saya tunggu-tunggu dari dulu. Bagaimana tidak, dipertandingan ini saya bisa menyaksikan sekaligus klub kesayangan saya MU dan pemain idola saya dari kecil David Beckham yang kali ini berkostum Milan. Tapi apa daya, walau sudah memasang 5 jam alarm dan memasang kuda-kuda (???) namun tidak juga dapat membangunkan kebo tampan ini..hehe

Tik tok tik tok…tanpa banyak berpikir, mengingat acara-acara olahraga pagi hari di TV sudah usai, modem pun bertindak. Mulai deh buka detiksport.com… Thks GOD…MU menang 3-2..hehe (buat penggemar Milan,,,ampoooun… 🙂 )..Tapi masih penasaran nie sama gol-golnya, maklumlah tim kesayangan gituloh.. 😀 mulai deh menjamah Bli YOUTUBE.. searching>>> ..searching>>> ..searching>>> yg ada cuma prediksi pertandingan, ataupun pertandingan-pertandingan tahun lalu…fiuuuuh 😦 tapi kalo yg namanya cinta, kagak bakal menyerah…sampe menemukan sebuah situs mysoccerplace.com…. aseeeek deh pokoknya, (untung pake idm juga neh jadi bisa langsung download,,hehe)

(pas banget buat yg sering kelewatan nonton pertandingan)

Nggak cuma itu kawand, iseng-iseng dan sok-sok an nie ceritanya registrasi…eh enak banget tiba-tiba disuatu hari yang cerah buka email dan klok… ternyata si mysoccerplace mengabari kita kalo ada beberapa cuplikan pertandingan yang udah available di situs ini…Bagai sudah tidak jatuh, tertimpa duren,mateng pula…hehe 🙂

Okay deh kawan, ga ada salahnya mampir di situs yang satu ini, tinggal klik disini Gampang bukan..!!!

Atau buat yg mau nonton cuplikan partai Milan vs Manchester United, mangga…mangga….tinggal klik dibawah ini, ga perlu repot-repot….

Eh, ternyata ada fullmatchnya lho?bisa di-download pula….tinggal  klik disini

Mudah-mudahan info yg satu ini bisa membantu kawand-kawand yg sering sedih hingga mau bunuh diri (hehehe,,,jangan sampe) gara-gara gagal nonton tim kesayangan bertanding, tapi buat yg udah tau info ini dari jaoh-jaoh hari…wadoooooh…maLu saya nie,,hehe 😛

SALAM SEPAKBOLA…!!!

KOI : Keindahannya Menyihir Setiap Mata 10/02/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: ,
1 comment so far

Cuaca kaya’ sekarang ini, PANAS…GERAH…SUMUK…Memang waktu yang paling enak buat duduk bersantai di pinggir kolam sambil menikmati sejuknya air terjun mini, ataupun sekedar pancuran kecil yang memberi nuansa sejuk hmmmmm…Ditambah menikmati liukan sekelompok ikan koi yang sedang diberi makan  terlihat sempurna dan penuh keindahan dech… 😀

Nah, ngomong-ngomong tentang ikan koi, jadi penasaran nie…sebenarnya koi itu ikan seperti apa sie?

IKAN KOI bentuknya mirip ikan emas, karena keduanya memang berasal dari genetik yang sama, yakni ikan kap (Cyprinus carpio). Di Jepang, ikan ini dinamakan nishikigoi (Cyprinus carpadie) maksudnya, ikan berwarna warni.. Kebetulan ini sudah ada sejak 2.500 tahun lalu, pada zaman pemerintahan Raja Shoko dan sampai kini dipakai para peminatnya di seluruh dunia.

Nie klasifikasi dari Ikan Koi kalo nggak percaya… 😀

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio

Selain memiliki bentuk tubuh dan corak warna yang indah, ikan koi juga merupakan ikan pembawa keberuntungan. Kenapa???ga tau….mitos nie…tapi percaya aja deh..hehehe…Karena itu, ikan ini tidak hanya layak dikoleksi, tetapi juga banyak dibudidayakan, nggak cuma di Jepang, sekarang ini di Indonesia juga terdapat beberapa tempat pembudi-handukan…halah…pembudidayaan koi.

Di negara asalnya Jepang, ikan koi bisa mencapai panjang maksimum 120 cm. Sedangkan di Indonesia ikan koi baru bisa mencapai panjang maksimum 75 cm (wah Mak Erot harus segera bertindak nie…hihihi). Ikan koi termasuk ikan yang berumur panjang. Konon ikan koi milik Kekaisaran Jepang mencapai umur 120 tahun, dengan panjang 120 cm. Bila ditanya tentang harga??? percaya gak kalo harga ikan asal Jepang ini berkisar antara 100 ribu hingga i25 juta..($$$…buseeeet…)

Karena harganya mahal, perawatan ikan ini juga nggak segampang yang dibayangkan…apalagi kalo sampe menyamakan cara pemeliharaan koi sama lele…dijamin ikan koi kita bakalan jadi KOI goreng Rp.28.000,- heheheehe… Memelihara koi itu gampang-gampangsusah…harus ada gagalnya dulu, ga mungkin langsung sukses sie..Umumnya kita harus punya kolam dulu (ya iyalah masa pelihara di bak mandi??) bisa besar atau kecil, secara langsung bakalan mempengaruhi ukuran tubuh dari ikan ini sendiri, kalo ukuran kolam gede maka ikan akan cepat besar karena tempat pergerakan yang luas, tapi tenang kalo ukuran kolam kecil ikan gak akan mengecil kok :). Kemudian kolam yang sudah tersedia harus dilengkapi sistem filtrasi, biasa terbuat dari bak yang didalamnya terdapat beberapa lapisan penyaring (bisa ditanya langsung ke dagang aquarium deh,,,saya lpa namany..yang jelas salah satu namany adalah “bio ball”) atau dari blog yang saya baca bisa menggunakan ‘ijuk’ didalam filter, kemudian air dari kolam dialirkan menuju bak dengan mesin pompa (ukuran pompa sesuai kolam..), nah air yang mengalir melewati saringan akan turun kembali ke kolam dengan keadaan yang bersih, maklum konon ikan koi pembuangannya banyak euy….. Saya sendiri sie memakai sistem filtrasi dari ember yang diberi 3 lobang bagian bawahnya (jumlah lubang disesuaikan dengan selera..hihihi) kemudian di dalam ember diberikan lapisan saringan yang saya beli dari pedagang aquarium, dan untungnya koi saya masih hidup dengan sehat walafiat..hehe…masalah sistem filtrasi bisa dilihat disini (http://ngeblogging.blogspot.com)

Satu lagi pantangan dalam memelihara koi adalah jangan pernah menguras kolam dengan cara sporadis…maksudnya saat menguras kolam, jangan memindahkan ikan, menyikat dasar dan dinding kolam, apalagi menyikat dengan pasta gigi ber-flouride..lho???  sebenarnya menguras kolam koi cukup dengan membuang setengah air kolam, kemudian mengisi kembali dengan air baru, karena menurut Einstein (Einstein dari Hongkong??..hehe) Ikan Koi susah beradaptasi dengan kondisi air yang baru, dan terkadang dia akan stress dengan habitat yang asing..uhuk uhuk… Lumut-Lumut ijo..ijo-ijo Lumut..yang tumbuh dengan sehat didinding-dinding kolam diharapkan jangan digubris sebab menurut Thomas Alfa Edisson (penemu lampu lampu bukan???,,hihihi) lumut merupakan makanan alami koi dan mengandung banyak spirulina yang dapat membantu mencerahkan warna koi. Memberi makanan pada koi juga harus diperhatikan kawan, perhitungannya adalah memberi makanan sekali habis, maksudnya jangan berlebihanlah apalagi sampai mengambang berhari-hari..bertahun-tahun,,di kolam anda karena akan merusak kualitas air…betul..betul…betul..hehe…

Sekarang saya sudah berhasil memelihara ikan koi, yang memang pemeliharaannya sangatlah ribet, namun setelah anda sukses memelihara maka merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat kita. Selain konon membawa keberuntungan, ikan koi merupakan ikan jinak dan bersahabat, menurut beberapa penelitian, Ikan ini memiliki tingkat kepintaran diatas ikan-ikan kolam lainnya, maka daripada itu ikan koi bisa dilatih dan akan bertindak sesuai dengan kebiasaannya, biasanya sieh mereka bisa mengambil makanan dari tangan kita sendiri..tapi koi saya belum bisa,,bukan teorinya yang salah atau koi-nya yang goblok tapi mungkin karena tangan saya bau terasi ya??hehehehe 🙂

Okailah kawan, bagi yang berminat memelihara Ikan Koi, dijamin nggak ada ruginya, begitu nikmat…

Disini juga ada situs-situs dimana kita bisa mengetahui tips-tips memelihara koi yang baik :):

(http://www.koiblitar.com/)
(http://www.breederkoi.com/)
(http://www.terminalkoi.com/)
(http://sentralkoi.multiply.com/)
(http://www.sugikoi.com/)
(http://www.o-fish.com/Koi/)

Bagi kawand-kawand yang mau berbagi cerita dan tips…dengan senang hati saya tunggu ‘comment’ di bawah ini… 😀

Buktikan bahwa Keindahan Ikan Koi dapat menyihir setiap mata..ehhm..ehhhm…hehe

sukses!!!

NB :ada video koi-koi peliharaan saya nie, walopun kecil, bangga donks punya sendiri,,hehe klik saja (4SHARED)

PENGOLAHAN LIMBAH 30/01/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
add a comment

Setiap hasil produksi pastinya menghasilkan suatu buangan yang lebih dikenal dengan nama LIMBAH (Bukan The Master 🙂 ). Tak jarang limbah-limbah yang dihasilkan menyebabkan terjadinya pencemaran terhadap lingkungan sehingga akan menjadi sumber masalah yang besar, tak hanya bagi lingkungan itu sendiri tapi juga bagi kehidupan manusia. Limbah dapat berwujud padat, cair, gas dan panas atau radiasi. Keempat wujud limbah ini memiliki karakterisasi dan tingkat bahaya/resiko yang berbeda tergantung pada daya akumulatif dan kemampuannya menekan aspek kehidupan. Sehingga sangat perlu dilakukannya studi yang mendalam untuk mengatasi keberadaan limbah yang cukup meresahkan kehidupan manusia.

Nah…mata kuliah PengoLahan Limbah ini bisa dikatakan lanjutan dari matakuliah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) yang lebih fokus membahas jenis-jenis dari suatu Limbah, namanya aja Pengolahan limbah, disini yang pastinya lebih mengacu pada metode untuk mengolah suatu limbah agar tidak mencemari lingkungan, tidak berbahaya bagi kehidupan manusia atopun agar dapat dimanfaatkan lagi.

Okay deh silahkan download SLide-nya yauw… 🙂

materi kuliah pengolahan limbah.rar

Ada juga contoh-contoh tugasnya kawand 🙂 :
1. LIMBAH INDUSTRI RUMAH MAKAN – Ayu Sulantini dkk.pdf

2. PENGOLAHAN LIMBAH PADAT RUMAH SAKIT DI JAWA BARAT – I GNA Hendra Pradipta dkk.pdf

3. PENGOLAHAN LIMBAH CAIR HOTEL – Yoni Warlina dkk.pdf

4. PENGOLAHAN LIMBAH PADAT RUMAH SAKIT – siska dkk..pdf

5. PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK – Martadi Santika dkk..pdf

6. PENGOLAHAN LIMBAH TIMBAL (Pb) PADA INDUSTRI AKI DENGAN METODE ELEKTROKOAGULASI – Dewa Ken Budiputra dkk.pdf

7. RANCANGAN PENGELOLAAN LIMBAH CAIR – Astari Adi Dharma dkk..pdf

😀 ٩(-̮̮̃•̃)۶ CintaiLah Lingkungan Seperti Kita Mencintai Diri Kita Sendiri ٩(̾●̮̮̃̾•̃̾)۶ 😉

KEMENTRIAN DESAIN REPUBLIK INDONESIA (KDRI)… Indonesia Bangets…!!! 23/01/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: , , , , , ,
6 comments

Buat kalian yang ngaku cinta Indonesia, jangan cuman ngomong aja… tapi buktikan kawand…
Seperti contohnya Mas Wahyu Aditya atau Mas Gembol, beliau ini merupakan anak bangsa yang cinta akan Indonesia, sampe-sampe ia membuat sebuah blog yang ber-tittle Kementrian Desain Republik Indonesia. Setelah dilihat-lihat ternyata bLog yang satu ini INDONESIA bangets, dari isinya segalanya tentang negara yang merdeka tanggal 17 Agustus 1945 ini, namun cara penyajiannya memakai bahasa anak muda yang nggak ngebosenin ataupun bikin kita jengkel…mas GemboL dan para aktivis KDRI lainnya mencoba untuk membahas permasalahan, solusi, dan saran-saran kreatif untuk kemajuan Bangsa ini dari sudut anak muda…Mungkin karena Pemuda yang mampu membuat perubahan ya….!!! 🙂

(Wahyu Aditya alias Mas GemboL)

Buat yang suka desain ataupun suka bikin desain kaos,,, mas GemboL juga menawarkan kesempatan untuk kita memamerkan hasil desain punya kita sendiri, asal ada hubungannya dengan INDONESIA donk… Ngga cuma itu, Mas GemBoL juga ngasi kesempatan bagi para pengunjung untuk ng-VOTE kaos-kaos yang ditampilkan. Kaos dengan hasil Vote terbanyak dan Mas Gembol sebagai pemilik menyukainya akan dicetak dan dijual di Distro KDRI milik mas Wahyu Aditya ini lho…WOW 😀
Ga cuma itu, si-pengirim yang desain kaosnya dinyatakan sebagai pemenang, bakalan dapet kaos sungguhan hasil desain mereka sendiri plus kalo kaos tersebut ke-juaL di distro KDRI, pengirim bakalan dapat royalti… WOW…!!!! Tunggu apalagi buat kalian para desainer kaos… 😉 kirim karya kaLian (K E S I N I !!!)

Trus buat yang mau beli kaos untuk souvenir di distro KDRI,,, bisa looking-looking ‘n beLi (DISINI !!!)

OKE DECH…. Sukses Berat buat MAS WAHYU ADITYA… semoga Mas Gembol bisa terus menjadi inspirasi bagi anak muda INDONESIA…. MERDEKA !!!