jump to navigation

Tips Mengecilkan Size Dokumen Pdf (Compress PDF File) via Online 19/12/2013

Posted by joni prayoga in ISENG tak BERHADIAH.
Tags: , , , ,
trackback

Pada suatu hari istri kebingungan mendapat tugas untuk meng-upload ijazah-ijazah dan surat-surat kerjanya yg berbentuk pdf ke sebuah situs. Nah masalahnya ukuran file pdf istri relatif besar (1 sampai 5 MB), sedangkan limit upload di web tersebut sangat terbatas. Sebagai suami saya harus pasang badan dong? biar kelihatan keren juga di mata istri tersayang…hehehe. Pencarian pun dimulai, awalnya saya berpikir simple untuk mencari sebuah program install ataupun portable yang bisa mengecilkan file-file pdf. Sampai saya menemukan ini:

PDF COMPRESSOR

joni_prayoga_compresspdfprogram copy

Sebenarnya program ini simpel banget, karena dia portabel (tanpa perlu install) dan mudah di download karena ukurannya kecil. bisa di download DISINI

Cara penggunaannya pun sangat mudah :

  1. Jalankan Free PDF Compressor.
  2. Pilih dan arahkan file PDF yang akan dikompres dengan cara menekan tombol Load
  3. Pilih algoritma dan level kompresi sesuai dengan keinginan.
  4. Tekan Compress untuk melakukan kompresi. Pilih nama baru atau folder lain jika tidak ingin menimpa/mengganti file PDF asli.
  5. Setelah kompresi selesai dilakukan, Free PDF Compressor akan menampilkan ukuran file setelah dikompres

Namun kendala yang saya temui adalah program ini memang bisa mengecilkan, tapi tidak berpengaruh terlalu signifikan terhadap ukuran file baru. Dengan kata lain ukuran file yang dikecilkan tidak jauh beda dengan file asli. Setelah itu saya tidak mendapatkan lagi program untuk mengecilkan file pdf selain PDF COMPRESSOR (Siapa tahu kawan-kawan ada yang tahu, mohon sharing-nya🙂 )

Setelah gagal dengan program PDF COMPRESOR tersebut, akhirnya saya lanjut googling lagi. Dan ternyata diluar perkiraan saya, cara mengecilkan file pdf adalah bukan dengan program tapi bisa dilakukan secara online. Tapi harus dipastikan kecepatan internet kita memadai. Kenapa harus memadai? karena secara umum sistem mereka sama : File pdf kita di-upload , dilakukan proses re-size, setelah itu kita wajib mendownload kembali file pdf yang sudah kecil ukurannya. Berikut ada 3 (tiga) web penyedia jasa Compress File PDF yang saya temukan (Kalo ada yang lain, mohon sharingnya yes…?):

1. NEEVIA

joni_prayoga_neevia copy

Web Neevia ini punya keunggulan, karena kita disajikan pilihan tipe compressed sesuai dengan yang kita inginkan, dari: Low Compression, High Image Quality (Tingkat kompres filenya kecil, tapi kualitas gambarnya bagus) sampai Maximum Compression, Very Low Image Quality (Tingkat kompresinya paling maksimal sehingga berdampak kepada kualitas gambar yang sangat rendah). Hasilnya lumayan efektif, file ukuran 2 MB menjadi seratusan KB. Gak percaya? Silahkan dicoba😉

Ini alamat Web-nya : http://convert.neevia.com/pdfcompress/

2. SMALLPDF

joni_prayoga_smallpdf copy

Sebenarnya web ini cukup kondang, karena teman-teman istri saya rekomendasikannya. Tapi setelah dicoba rata-rata file hanya dikecilkan 35% – 47%. Saya juga gak tahu kenapa hehe🙂

Berikut link web nya: http://compress.smallpdf.com/

3. COMPRESS-PDF

joni_prayoga_compresspdf

Kalau web ini hampir mirip seperti Small Pdf (tidak ada tingkatan kompresi yang kita inginkan), tapi bedanya disini tidak dicantumkan berapa persen file kita di kompresi? Setelah saya coba, tingkat kompresinya bagus, file ukurannya menjadi relatif kecil.

Ini link webnya : http://www.compress-pdf.co.uk/

Yup itu dia yang bisa saya sharing tentang Cara Mengecilkan Size Dokumen PDF via online, mohon maaf bila ada kesalahan dan wajib sharing bila ada ilmu yang lain dari kawan-kawan. Oya, terakhir Tips berdasarkan pengalaman saya, bila saat anda melakukan kompresi file pdf dengan salah satu web diatas dan ternyata masih terasa kurang kecil, boleh mencoba second opinion dengan web lainnya. Terkadang web yang pernah memberikan hasil kompresi bagus akan sama bagusnya pada file lainnya. Entahlah, mungkin mengikuti mood mereka…hehe😀

Komentar»

1. Siska Dyahayu - 22/12/2013

saya mampir ^^
wahh sangat membantu nih postingannya
kalo cara ngubah pdf ke word ada gak yaa?

joni prayoga - 24/12/2013

Trims udah mampir, bisa pakai link ini : http://www.pdfonline.com/pdf-to-word-converter/ silakan dicoba

Siska Dyahayu - 25/12/2013

okokok,, makasih ^^
mari berkunjung lagi di siskadyahayu.wordpress.com ^^

2. hgi - 23/02/2014

smallpdf nya berhasil mengecilkan ukuran pdf yang asli. tapi, nggak bisa didownload.

3. Wati - 10/04/2014

Trims tipnya wah sangat membantu saya

joni prayoga - 10/04/2014

@wati : Sama2 mba, semoga bermanfaat😉

4. indra - 25/05/2014

postingannya sangat membantu,,makasi bro..

5. Hilmi Himawan - 06/06/2014

terimakasih banyak

6. tips word - 08/06/2014

thanks gan!
info compress file pdf sangat berguna….

7. ruby - 20/07/2014

Amat sangat membantu gan, terima kasih!!!

8. Welin Tri Mayasari - 20/07/2014

kalo ngecilin PDF smpe d bawah 100kb ada ga…
soalnya udh coba smua web pdf compress tetep hasilnya ga maksimal kecilnya…ud mentok semua
Terima kasih sebelumnya

joni prayoga - 30/07/2014

Ibu Welin: Mungkin ukuran pdf aslinya terlalu besar. Teman2 yg lain ada yg bs bantu?

9. Taufik Andriyatna - 08/08/2014

ini bos dijamin awesom !!
http://smallpdf.com/

10. WANDI - 17/08/2014

TENK U BOS

11. ildiani ibrahim - 21/08/2014

terima kasih atas infonya..🙂 benar2 sngt membantu..

12. Candra Game - 23/08/2014

thanks gan sangat membantu kunjungi juga blog ane candrag4me.blogspot.com

13. miaty - 26/08/2014

terima kasih banyak informasinya sangat membantu

14. Rini Khairunnisa Tarigan - 29/08/2014

thanx yaaaa…
semoga amal ibadahnya di terima. hehhe😀

15. Nn Mace - 03/09/2014

thank you so much.. bener2 membantu jd gk perlu scan ulang..

16. norma - 05/09/2014

thank you, really helps!🙂

17. Sopha Hafitriani - 08/09/2014

terimakasih atas informasinya, saya sudah coba compress dengan neevia tech,alhamdulillah berhasil, walopun kurang mengerti cara kerjanya seperti apa, namun hasilnya min.sudah bisa memperkecil resolusi pdf nya dengan tidak melebihi batas maks nya
terimakasih….. ^_^

18. Ronnie - 09/09/2014

Terimakasih byk infonya, kami sangat terbantu..
Semoga Anda dan sekluarga barokah

19. susi - 11/11/2014

Thanks a lot agan Jony, postingan ini sangat membantu, saya menggunakan SMALLPDF, dan hasilnya “Puas” lah. semoga pahalanya mengalir terus buat agan Jony🙂

20. friska noviani - 04/12/2014

ngga ngertii😦

21. tito - 16/12/2014

kalau file ukuran besar mau di kecil kan bisa gak,,,

joni prayoga - 30/04/2015

Pasti bisa😉

22. ngurah andreana - 12/02/2015

wow.. tools nya berguna banget gan jon. semoga masih ingat ya.. klo ada waktu mampir juga ke http://hanyagubukcatatan.blogspot.com/

23. agus - 18/04/2015

Terimakasih byk infonya, kami sangat terbantu..

24. Ghofur Sophia - 05/08/2015

Very helped for me, i recommended the 3rd website : compress-pdf.co.uk
Makes file 27.380 kb to be 206 kb

25. Erlin Firda Ni Made - 13/03/2016

terimakasih banyak sangat membantu

26. Suryacandra Rizky - 04/05/2016

Terimakasih. Sangat bermanfaat dan membantu

27. Susi Susanti - 04/05/2016

terimakasih banyak…🙂

28. sahabat pelajar - 14/05/2016

makasih infonya ya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: