jump to navigation

BOBO (masih) Teman Bermain dan Belajar… 06/12/2011

Posted by joni prayoga in ISENG tak BERHADIAH.
Tags: , , , , ,
trackback

Waktu terasa cepat sekali berjalan, gak percaya juga hari ini udah memasuki bulan terakhir tahun 2011. Kayaknya baru kemarin orang-orang ramai merayakan ‘dunia memasuki tahun 2000’ atau Milenium. Yak, dan si Milenium ini juga yang menggiring kita semua untuk menikmati dunia ‘serba digital’. Jujur saja, saya pun salah satu makhluk digital, seperti kebanyakan orang suka mengikuti perkembangan dunia lewat gadget, baik berselancar di website ataupun hanya melalui jejaring sosial macam facebook atau twiter. Nah, kemarin saat berada di ruang tunggu salah satu apotek, saya dihampiri mas-mas loper koran, disini terlihat majalah yang sudah lama sekali saya tinggalkan, Majalah BOBO. Seakan memori saya terjerumus, dan terperosok kembali menuju beberapa tahun yg lalu, dimana bapak selalu membelikan majalah BOBO saat pulang dari pasar, kemudian saya dan kakak bareng-bareng majalah berlogo kelinci ini (bukan playboy lho🙂 ), terkadang kami bertengkar gara-gara memperebutkan bonus majalah ini. Untuk memperingati masa-masa indah bersama majalah BOBO, boleh dong saya posting sejarahnya?

SEJARAH MAJALAH BOBO

Majalah Bobo adalah versi lain dari aslinya, yang berasal dari Belanda. Edisi bahasa Indonesianya diterbitkan sekali dalam seminggu, oleh Kelompok Kompas Gramedia. Sementara di Belanda sendiri, majalah Bobo diterbitkan dua minggu sekali oleh penerbit Malmberg. Majalah Bobo memiliki slogan, “Teman Bermain dan Belajar”, karena bertujuan untuk memberi didikan melalui bacaan yang seru untuk dibaca oleh anak-anak, sambil diajak untuk bermain. Simbol dari Majalah Bobo, yaitu tokoh seekor kelinci berwarna biru, bernama Bobo, yang selalu mengenakan kaos berwarna merah berhuruf B, dan celana biru.

Majalah Bobo terbit pertama kali pada tanggal 14 April 1973. Cikal bakal majalah ini adalah halaman anak-anak di Harian Kompas. Atas prakarsa Bapak PK Ojong bersama Bapak Jakob Utama, pendiri Kompas, halaman anak-anak ini dikembangkan menjadi majalah anak-anak. Bekerja sama dengan Majalah Bobo Belanda, pengasuh halaman anak-anak Kompas kemudian membuat Majalah Bobo Indonesia. Pada mulanya Majalah Bobo terdiri dari 16 halaman kertas koran. Majalah Bobo adalah majalah anak-anak pertama yang berwarna di Indonesia. Sebagian isinya berasal dari bahan-bahan di Majalah Bobo Belanda yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sebagiannya lagi meneruskan rubrik dari halaman anak-anak Kompas. Bapak Adi Subrata dan Ibu Tineke Latumeten lah yang pertama-tama mengasuh majalah anak-anak ini. Kini isi Majalah Bobo seluruhnya dibuat dan dikerjakan oleh staf redaksi Bobo Indonesia. Isi dan penampilannya pun semakin bervariasi. Hanya nama dan karakter tokohnya tetap Bobo.

Keluarga BOBO

Dalam cerpen satu halamab BOBO yang selalu tampil berwarna dalam majalah ini tersaji cerita sehari-hari pengalaman keluarga BOBO yang kerap memberikan pesan moral bagi pembacanya. Selain BOBO, ada orang tuanya yaitu Emak dan Bapak yang bijaksana dan mengajarkan mengenai hal-hal baik dalam kehidupan dan memberi nasehat apabila keliru. Adik BOBO adalah Coreng, Upik dan Cimut. Tokoh lainnya adalah Paman Gembul yang suka makanan manis, Bibi Tutup Pintu yang ingin agar semua pintu selalu tertutup dan Bibi Titi Teliti yang senang memperhatikan hal detail. Selain itu sepupu BOBO yaitu Tut-tut yang suka kereta api dan temannya Doni.

Rubrik dalam majalah BOBO

Sesuai slogannya, dalam majalah bobo ada rubrik yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah, khususnya kelas I – VI SD, dan ada juga yang berisi permainan maupun hiburan yang mendidik. Berikut ini adalah beberapa rubrik mendidik:

  • Our English Page : Pelajaran Bahasa Inggris yang disesuaikan untuk anak SD
  • Pengetahuan : Untuk memperluas wawasan pembaca akan kejadian sehari-hari maupun alam.
  • Ensiklobobo : Berisi ensiklopedia hewan, tumbuhan, situs bersejarah, dan lain-lain.

 Dari pembaca

Majalah BOBO juga mendidik pembacanya dengan menghadirkan rubrik yang ditulis pembacanya:

  • Apa Kabar Bo? : Berisi surat pembaca yang dialamatkan ke redaksi majalah BOBO untuk menanyakan segala persoalan seputar anak dan majalah BOBO
  • Arena Kecil : Berisi cerita yang dikirim pembaca berupa pengalaman sehari-hari yang bermakna.
  • Tak Disangka : Berisi cerita yang dikirim pembaca berupa pengalaman unik atau lucu.

Perkembangan Majalah BOBO

Seiring perkembangan jaman, kini cerita, gambar ataupun rubrik dalam majalah BOBO banyak juga membahas seputar ABG. Tokoh-tokoh yang dibahas pun seringkali artis-artis yang sedang menjadi idola remaja.

Kalau boleh jujur, kejadian kemarin menyadarkan saya yang sudah melupakan seorang teman dari beberapa belas tahun lalu, yang banyak mengajarkan membaca, belajar, hingga memberi hiburan tersendiri. Dan teman ini ternyata masih ada hingga sekarang, namun sayangnya terlupakan karena si pembaca sudah beranjak remaja ataupun dewasa. Yak, mudah-mudahan majalah seperti ini akan tetap eksis, dan tetap setia mengajarkan anak-anak segala hal yang baik, ditengah rasa pesimistis saya akibat berkembangnya dunia digital ataupun permainan anak-anak yang makin canggih.

“Regenerasi terus berjalan, kita beranjak menua, tapi BOBO tetap abadi di neverland untuk mengajarkan anak-anak kita kelak, semoga saja… Thanks BOBO :’) “

 

Gabung Fan Page Majalah BOBO via Facebook :  Disini
Sumber:

http://www.anneahira.com/majalah-bobo.htm

http://jalanan-kehidupan.blogspot.com/2010/10/majalah-bobo-edisi-pertama.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Majalah_Bobo

Komentar»

1. lukisan pemadangan - 21/01/2012

dulu majalah bobo ini menjadi teman bermain n balajar masa kecil….skrngpun setiap liah majalah itu ingat masa kecil…namun sekarang agak sedikit berkurang dengan byknya majalah anak yg lain…

2. erny widyastuti - 13/04/2013

apa kabar bo bo aku boleh minta voucher piiiiiissss yayayayayayaya

erny widyastuti - 13/04/2013

bobo aku boleh minta baju bobo assalamuallaikum
salam buat semua keluarga bobo

3. Firmansyah Doank - 31/12/2013

Tulisannya bagus mas…!! Komplit…plit…plit..!! Bobo memang majalah anak yang konsisten hingga saat ini.
Hehehe,,,
Gantian komen di blog anda… Salam Kenal ya Mas..!!!

joni prayoga - 31/12/2013

Salam kenal mas. trims sudah membaca yes?🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: