jump to navigation

SEJARAH TRAFFIC LIGHT 02/05/2010

Posted by joni prayoga in ISENG tak BERHADIAH.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Lanjutan dari artikel Sejarah Kartu Kuning dan Merah kemarin nie, ternyata inspirasi kartu merah dan kartu kuning datangnya dari lampu traffic light LHO??? Nah, sekarang saatnya kita tahu bagaimana sejarah Traffic Light atau lampu lalu-lintas atau juga lebih dikenal dengan lampu merah-kuning-hijau dilangit yang biru, yang membantu pak polisi mengatur kendaraan di jalanan..OKE deh…. cekidoth…!!!

Lampu lalu lintas digunakan sebelum adanya kendaraan bermotor. Pada tahun 1868, di Inggris, insinyur JP Knight menemukan lampu lalu lintas pertama, lentera merah dan hijau dengan sinyal. Itu dipasang di persimpangan George dan Jembatan Jalan di depan British House of Commons untuk mengontrol aliran kereta kuda dan pejalan kaki.

Pengatur lalu lintas untuk kendaraan bermotor diperkenalkan  di Amerika Serikat pada akhir 1890-an dan kebutuhan untuk kontrol lalu lintas segera menjadi jelas. Sejumlah orang datang dengan ide-ide untuk pengendalian lalu lintas. Pada tahun 1910, Earnest Sirrine Chicago, Illinois mengajukan paten untuk sesuatu yang dianggap pertama sistem lalu lintas jalan otomatis, menggunakan kata-kata yang tidak diterangi STOP (berhenti) dan MOVE (melanjutkan).

Pada tahun 1912, Lester Wire dari Salt Lake City, Utah menemukan lampu lalu lintas listrik dengan menggunakan lampu merah dan hijau. Namun, ia tidak mengajukan paten. Tahun berikutnya, James Hoge menerima hak paten nomor 1.251.666 untuk sistem lampu lalu lintas dengan kontrol manual menggunakan lampu listrik, dipasang di Cleveland, Ohio pada tahun 1914, masih menampilkan kata-kata STOP dan MOVE.

Sedangkan sistem lampu lalu lintas pertama menggunakan lampu merah dan hijau dipatenkan oleh William Ghiglieri San Francisco, California pada 1917 dengan Rancangan yang dapat dioperasikan secara manual atau otomatis.

Cahaya yang kuning ditambahkan pada tahun 1920 oleh William Potts, seorang polisi Detroit. Dia benar-benar menemukan beberapa sistem lampu lalu lintas, termasuk cara menggantung empat sistem, akan tetapi tidak dipatenkan.

(Garreth Augustus Morgan)

Orang pertama untuk mengajukan permohonan paten dan yang paling terkenal dalam memproduksi lampu lalu lintas adalah Garrett Augustus Morgan, yang menerima paten pada tahun 1923. Awal penemuan ini diawali ketika suatu hari ia melihat tabrakan antara mobil dan kereta kuda. Kemudian ia berpikir bagaimana cara menemukan suatu pengatur lalu lintas yang lebih aman dan efektif. Sebenarnya ketika itu telah ada sistem perngaturan lalu lintas dengan sinyal STOP dan GO. Sinyal lampu ini pernah digunakan di London pada tahun 1863. Namun, pada penggunaannya sinyal lampu ini tiba-tiba meledak, sehingga tidak dipergunakan lagi. Morgan juga merasa sinyal stop dan go memiliki kelemahan, yaitu tidak adanya interval waktu bagi pengguna jalan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan. Penemuan Morgan ini memiliki kontribusi yang cukup besar bagi pengaturan lalu lintas, ia menciptakan lampu lalu lintas berbentuk huruf T. Lampu ini terdiri dari tiga lampu, yaitu sinyal stop (ditandai dengan lampu merah), go (lampu hijau), posisi stop (lampu kuning). Lampu kuning inilah yang memberikan interval waktu untuk mulai berjalan atau mulai berhenti. Lampu kuning juga memberi kesempatan untuk berhenti dan berjalan secara perlahan.

Nah, sudah terjawab kan sejarah sebuah TRAFFIC LIGHT yang terdiri dari tiga lampu MERAH=berhenti, KUNING=hati-hati, dan HIJAU=jalan… Tapi seiring perkembangan jaman, fungsi lampu kuning menjadi berubah teman, dari hati-hati menjadi cepaaat !!! atau Ngebbuuuut !!! (biar nggak kena Lampu merah kayaknya) hehehe dasar manusia jaman sekarang….

Oke deh akhir kata mari tingkatkan disiplin ber Lalu Lintas dan semoga bermanfaat artikelnya😀

Sumber :

kaskus.us
wikipedia.org

Komentar»

1. Haris Istanto - 02/05/2010

Posting yang menarik, salam kompak dan semoga sukses.
Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru kami berjudul : “Wisata kepulau Bali”, serta artikel lain yang bermanfaat, dan tolong dikomentarin yaaa. Makasiiih.

joni prayoga - 03/05/2010

trimakasih, sukses n kompak selalu

siap meluncur😀

2. jncpro - 02/05/2010

good job gan

joni prayoga - 03/05/2010

Terimakasih😀

3. Izhar Ilyas - 02/05/2010

Alhamdulillah sempurna sudah pengetahuan kita terkait kartu merah dan kuning yang ada di kantong wasit serta lampu, merah, hijau, dan kuning di persimpangan jalan. Syukran Sanak.

joni prayoga - 03/05/2010

terimakasih bapak, sukses selalu😀

4. Abdul Rohim - 02/05/2010

salam buat mas joni prayoga…artikelnya bagus….semoga sukses selalu..salam dari ARS Music…

joni prayoga - 03/05/2010

Trimakasih ARS Music😀

5. gurumandiri - 04/05/2010

salam kenal… sebagai guru, saya mendapatakan satu ilmu untuk dibagi kepada siswa-siswi saya di sekolah dasar. trims ya atas postingannya.
silakan kunjungi balik :
http://gurumandiri.wordpress.com

joni prayoga - 04/05/2010

trims kunjunganny bpk/ibu guru,,,, sukses sl😀

6. sari - 16/02/2012

bermanfaat bro artikelnya…nice🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: