jump to navigation

Ade Jujun, Jualan Keripik 5 Hari Tidak Pulang (Kisah Nyata Anak Jalanan) 07/04/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Sore hari pulang main FutsaL, cape banget tapi sempet-sempetin juga nih browsing sambil ngintipin HOT THREADS di kaskus.us… trus ketemu sama POST-ingan kaskuser ber-initial  jazz. (UserID: 1006321) tentang pengalamannya bertemu seorang anak penjual keripik keliling bernama Ade Jujun. Sedih dan mengharukan banget kawand…saya yang membaca saja sampai menitikan air mata, apalagi beliau yang merasakan langsung…

Bukan maksRud pengen kopi-pasteee  karya orang kawand…tapi saya cuma ingin menyampaikan pengalaman berharga saudara Jazz dan temen-temen yang koment disana…bahwa seharusnya sebagai manusia kita wajib mensyukuri apa yang kita punya sekarang dan jangan cuma melihat ke atas saja tapi wajib hukumnya melihat ke bawah, menyadari bahwa masih ada saudara-saudara yang hidupnya tak seberuntung kita…langsung aja teman-teman…jangan lupa ambil tissue kalian…selamat membaca Kisah Ade Jujun oleh jazz ‘kaskuser’ :

=================================================================================

anak jalanan juga bagian nyata dari kita !

Juragan, saya curhat sedikit boleh yah? disimak boleh, ngga juga gapapa.

saya baru nyampe kosan nih, gan. baru habis keluar ke daerah dago. waktu nongkrong di Circle K, ada anak kecil datengin saya, gan.“a’, mau beli keripik?” saya liatin aja, trus dianya langsung noleh mau pergi. saya panggil sambil nanya, “itu keripik apa?”, trus dia dateng cuma ngeliatin keripik yang ada dalem keranjangnya. “ini berapaan?” saya nanya, dia jawab “2500, a’..”. singkat cerita saya beli keripik singkongnya, trus ajak duduk sambil cerita2.

lama saya ngobrolnya, gan. sejam lebih. (padahal ntar saya UTS akuntansi biaya). dari obrolan saya dengan dia, berikut informasi yang saya dapatkan..
:: namanya Ade Jujun, kelas 5 SD.
:: jualan keripik dari kelas 1 SD.
:: Bapak Ibunya tukang cuci.
:: waktu dia kelas 1 SD, kakaknya meninggal karena usus buntu.
:: alm. kakaknya, dulunya jualan keripik juga, trus dia yang lanjutin (sejak kelas 1 SD).
:: terakhir makan jam 6 sore (ngobrolnya sekitar jam 12 malam.)
:: tinggal di Ciparay, Majalaya.
:: udah 5 hari belum ga pulang kerumah. (ama hari ini kayanya 6 hari).
:: kalo mau jualan, naik angkot dengan ongkos PP 40rb.
:: sekali perjalanan angkot, kalo lancar ngabisin waktu 3 jam.
:: tidurnya jam 6 pagi, dibawah fly over, dago. bangunnya jam 8.
:: tentang cita2, awalnya dia bilang mau ikut idola cilik. trus kalo gedenya pengen jadi tentara.
:: saya bilang ke dia ” jadi tentara susah.. mahal.. gimana dong?” dia jawab,konglongmerat, jadi konglongmerat aja..
:: “jadi konglongmerat? jadi konglongmerat mah cuma punya duit banyak doang..” dia diem..
:: “oke, gini deh. kamu kalo punya duit banyak mau ngapain?” dia jawab “bahagiain orang tua..”
:: (saddest part) “gimana kamu mau bahagiain Bapak Ibu kamu?”, jawabannya “mau beliin mamah baju yang bagus, papah juga baju yang bagus.”
:: hanya akan pulang ke rumah kalau dagangan habis.
:: berangkat jualan dengan modal 50rb dari orang tuanya.
:: sisa duit dikantong 8000 rupiah setelah saya beli keripik.
:: sekarang lagi liburan sekolah.
:: kadang2 main bola ama anak2 yang lain dibawah fly over.

sisanya saya rada lupa, gan. kalo ingat saya pasti update.
yang saya ingat cuma satu, gan. dia ga pernah ga senyum.

sedih banget saya, gan. mau nangis, tapi susah rasanya. saya juga bingung, kok bisa yah? ada orang yang bisa hidup enak, ga pernah kekurangan makanan, tidur nyenyak dikasur yang nyaman, tanpa melakukan apa yang dilakukan Ade Jujun?

doa saya, semoga KITA SEMUA bisa lebih mensyukuri apa yang sudah digratiskan Tuhan kepada kita. menurut saya ujian dan nikmat seharusnya mendapatkan rasa syukur yang sama. kata orang pintar, tanpa ujian kita tidak akan menjadi lebih hebat.

di perpisahan saya dengan Ade Jujun, saya sangat menyesal dan merasa berdosa karena ga berani ngasih duit. menurut saya, saya hanya akan mengajarkan meminta-minta ke dia. saya ga mau dia menjadi orang yang seperti itu.

saya hanya bisa membeli sebungkus keripik (2500) dan ngasih bekal roti dan minuman buat besok dia sarapan. ngga tega, gan. baru kepikiran saya, kenapa ga saya beli semua aja keripiknya biar dia pulang? padahal saya tau dia ga bisa pulang kalo keripiknya belum habis. sedih saya liat senyumnya waktu saya ninggalin dia (sekarang udah nangis). dia ga berhenti ngelambaikan tangan sambil senyum. aduh, ga kuat euy. saya sadar, ga ada perubahan di hari2 dia besok dengan apa yang saya kasih. ga ada.

kalo boleh nitip pesan, saya mau kita semua lebih merhatiin orang2 seperti Ade Jujun ini. kita semua mungkin tahu “mereka” masih kurang mendapat perhatian dari kita dan pemerintah.

sekian aja yah, gan? ternyata ga hanya ada dikisah lagu Sore Tugu Pancoran, saya mengalami langsung kejadian ini. semoga Allah menjaga Ade Jujun dan mereka yang bernasib sama. saya sangat berharap sekali bisa kembali bertemu Ade Jujun. saya janji, kalo ketemu lagi saya usahain keripiknya laku bair dia pulang. kalo ada duit saya beli, kalo apes ga ada saya bantu jualin.

nah..
:x: TS tinggalnya di daerah Gegerkalong, gan..
:x: Ade Jujun jalannya di daerah Dago.
:x: rumahnya di Ciparay, ada di bagian kanan bawah peta.. jauh gan..


(yang lupa saya tulis)

:: waktu awal2 saya ngobrol, temen saya bawain minuman green tea botol, lupa merknya, setelah saya bukain, langsung abis tuh minuman. minumnya ampe ngucur2 ke dagu, gan.. hehehehe.

:: dia pernah diangkut petugas gitu deh gan, dibawa ke polsek. kata dia “ama komandan disuruh lepasin, trus dilarang jualan di jalanan.” (ane jadi bingung tuh polisi ga mikir yah? dia bakal jualan dimana lagi kalo ga dijalanan?)

:: waktu TS ajak masuk ke dalam Circle K, Ade Jujun ga mau masuk sambil nunjukin sepatu. dia malu. (kasian saya liat di gitu, gan..)

:: berikutnya Ade Jujun malah buka sepatu dulu sebelum masuk Circle K. (makin kasian, saya langsung rangkul Ade Jujun kedalam.

:: waktu saya suruh milih roti, “kamu pilih roti yang kamu mau, ga usah liat harganya yah?”. dia ngambil roti Mocca dari Sari Roti. setelah saya perhatiin, itu yang paling murah.

:: saya suruh dia milih lagi 2 roti yang dia mau, Ade Jujun mundur selangkah sambil menggelengkan kepala trus ngomong “udah a’..”. karena buru2, saya langsung pilihin aja roti cokelat dan keju. “suka cokelat ama keju kan?”, dijawab ama senyuman. (tenang banget hati saya keinget senyuman dia)

:: di cashier, saya tawarin minuman, kembali dengan cara yang sama, Ade Jujun mundur selangkah sambil menggelengkan kepala..

:: saya tarik ke kulkas Circle K, dia ga mau ngambil.. saya paksa, tetep gamau.. saya tanyain suka jeruk apa ngga, dia ngangguk. saya ambilin pulpy.. “gapapa dingin?”, dia ngangguk sambil senyum..

:: pesan TS kepada Ade Jun setelah jajan bareng Ade Jujun.. “kalau misalnya nanti suatu saat kamu nanti udah gabisa lagi jualan keripik, jangan meminta-minta yah.. ingat pesen aa’!”

:: “selain nyuci bapak ga pernah kerja yang lain kaya nyupir angkot ato kuli bangunan?”, saya nanya.“ngojek. papah nyuci, ngojek juga” kata Ade Jujun..

:: saya sempat nanya “kamu ga capek?”, dia jawab sambil nyengir “capeek, hehehe..”

::sejak hari rabu, keripik yag dibawa Ade Jujun ada 6 bungkus. 5 bungkus yang harga 2500 dan 1 bungkus yang harga 5000
sejak hari rabu, baru laku 1..

:: saya nanya untung kamu dimana kalo kaya gitu? (gap ongkos dan untung jualan udah ga masuk akal) dia cuma diem dan senyum.

:: saya sempat jadi suudzon ke orang tuanya.. pikiran jahat saya, orang tuanya hanya membiarkan anaknya hidup dijalan dengan bekal beberapa bungkus keripik dan uang 50 rb sewaktu berangkat, dengan tujuan agar si Ade Jujun ga merasakan susahnya keadaan rumah.. atau mungkin biar orang tuanya ga perlu biayain. (ini pikiran ane yang paling negatif kemarin malam).

:: kata Ade Jujun, dia juga ada yang malakin sekitar 10rb dekat jalan rel kereta. (sumpah ini yang malakin tega bener)

:: ADE JUJUN ITU COWOK,GAN.. MAAF, SAYA LUPA SHARE..

=============================================================================

Sekian POST-ingan saya hari ini kawand….

Saya bukan penjiplak, ataupun plagiat, saya cuman orang yang ingin membagi cerita seorang sahabat yang memiliki makna sangat besar…Bagi yang ingin melihat versi aslinya bisa klik (D I S I N I)

Trims uda membaca kawand…saya udah nggak kuat lagi…semoga kisah nyata ini bisa menyadarkan semua orang di Negara Indonesia ini….

……………………
.. … … … … … … … .„–~–„
… … … … … … … ../:.:.:.:.:.|
… … … … … … … .|;.;.;.;.;.;/… …
… … … … ._„„„„„„„_.);.;.;.;.;.|…… …… …… …
… … … „-“:.:.:.:.:.:.”~-„;.;.;.;|…… … … …
… … .. (_„„„„„„—„„_:.:. );.;.;..”„
… … „-“:.:.:.:.:.:.:.:””-„/;.;.;.;.;.”„
… .. (:.___„„„„„„„„„___);.;.;.;.;.;.;.|
… .. /””:.:.:.:.:.:.:.:¯””\;.;.;.;.;.;.„”
… . \:.__„„„„„„„„„„„„„„__/;;;;;;;;;;;/\
… .. \.:.:.:.:.:.:.:.:.:.:.);;;;;;;;;;/:::\
… … . \„„„„—~~~;;;;;;;;;;;;;„”:::::::\
… … … . “””~~–„„„„„„„„„„„-“::::::::::::\
… … … … … … \:::::::::::::::::::::::::\

Komentar»

1. Tiknan Tasmaun - 07/04/2010

Kisah yang bagus untuk di-share

Trims atas kunjungan Anda ke blog saya.

Salam

joni prayoga - 07/04/2010

setuju pak… trims juga kunjungan baliknya😀

2. budiantobjm - 07/04/2010

bagus juga artikelnya mas,salam kenal ….

joni prayoga - 08/04/2010

trims kawand…hal kecil namun berarti sangat besar untuk kita semua😀

3. Alex L. Setiawan - 08/04/2010

kunjungan pertama bro …ceritanya sangat mengharukan …

joni prayoga - 08/04/2010

benar kawan,,,sungguh mengharukan,,,,thks udah berkunjung… T.T

4. kaskus mania - 09/04/2010

ini pasti ngpy di kaskus y mas,..

5. kaskus mania - 09/04/2010

maaf y gan sy tulis cmmnt di atas , sblm bc dr awal, br bc jdlny aja,…
aku juga nangis bc itu gan,..

joni prayoga - 10/04/2010

dunt worry brother… Cerita ini wajib dibagi untuk temen2 semua…🙂

6. neody - 19/04/2010

sedih gan..

kasihan liat ade jujun :berduka

joni prayoga - 20/04/2010

setuju kawan… mari sekarang kita lebih tanggap terhadap lingkungan sekitar…🙂

7. trusted ptc - 05/07/2010

Wah,, sangat memprihatinkan ya… ternyata masih banyak anak2 yang susah hingga harus berjualan sampe ga’ pulang ke rumah…kasihan sekali….

joni prayoga - 05/07/2010

iya, kita harus banyak bersyukur karna banyak teman2 diluar sana yg tidak seberuntung kita🙂

8. alonehere joe - 21/07/2013

makasih bang..critanya bagus,,dan menyedihkan😥


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: