jump to navigation

BAHAYA, Tidur Dengan Lampu Menyala !!! 07/03/2010

Posted by joni prayoga in FARMASI & KESEHATAN.
Tags: , , , ,
trackback

Ada Lagu anak-anak yang cukup lama, konon dinyanyikan oleh artis cilik jaman itu Tasya yang masih imut (sekarang udah ‘amit’ mungkin,,hehe) bareng sama Eross dan Duta dari band Sheila On 7 yang menggila saat itu, judulnya “Jangan Takut Gelap“….Dan selain mengajarkan anak-anak bahwa jangan pernah takut untuk melewati masa-masa suram (woiiit sok bijak ney,,,hehe), dan tentunya mengajarkan anak2 anda (saya belum punya anak soalnya,,, kecuali anak ayam..hehe) untuk belajar hemat energi; ternyata Lagu yang diciptakan oleh Eross itu memang terbukti secara ilmiah sangatlah bermanfaat.

Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.


Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya. Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan Walaupun kita dalam keadaan tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak kita segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun.

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.

sumber: apakabardunia.com

Komentar»

1. Thomses - 07/03/2010

Salam kenal ja yah…

joni prayoga - 07/03/2010

oke salam kenal juga🙂 trims uda berkunjung😀

2. A.J.I - 07/03/2010

baru tau nih,…kalau pas tidur pasti matiin lampu cz silau pas bangun nanti mata kaget dengan terangnya lampu

joni prayoga - 07/03/2010

bener my bro, seharusny sie mmg matiin lampu wktu tidur, slain hemat energi jg biar otak kita istirahatny total…hehe

manthaaaaaaps…😀

3. .gungws - 07/03/2010

woitt…baru tau aku joni jg ngeblog..
minggu siang ke dosman,bro..bntu ngasi pelatihan blog dsna..almamatermu,toh!?😀

cm mo komentar, fotonya serem nok. hehe

joni prayoga - 07/03/2010

waduuu…pengen banget ikut mybro..hehe tapi apa daya, bukit jimbaran telah menjeratku hingga aku tiada bs kemana2…hihihi
sukses pokoknya bli bagus…hehe😀

4. deeadewie - 07/03/2010

hohoho, susah buat ga matiin lampu, ada malah matanya yang nyala..huehehe..😀

joni prayoga - 07/03/2010

wkekekeek…thks berkunjung….emg susah jg bobo tp lampunya mati, takut pas balik arah…jreng…jreng…jreng…. (terobsesi film setan2an indo,,harap mklum,,hehehe)🙂

5. Sinta Upiidh - 07/03/2010

waduuuh bahaya akii dunks ..
habisnya kalo tidur gag hidupin lampu biasanya aku bangun siang kak ,
jadi tiap tidur aku pake lampu deyh ..

tapii makasie ea kak bwad infonya ..

joni prayoga - 07/03/2010

hehe..sama2 n makasi jg udah berkunjung…

wah, kesalahn bkan pd lampu tp spertiny pd mata anda..hehe bcanda, justru kalo pake lampu kita bakal bangun pagi tp lemes….nah Lho…🙂

6. katakatahani - 07/03/2010

iya ih… tapi gimana dong kebiasaan tidur pake lampu nyala

joni prayoga - 07/03/2010

katanya sieh coba pake lampu yang agak redup dulu…selamat mencoba🙂

7. Tomy Meilando - 08/03/2010

gambarnya parah, hehehe,. tapi mantap bro infonya,..

joni prayoga - 08/03/2010

wkekekek…baru nyadar juga tuh gambar ngeri yah…hehe🙂 thks jg mybro….

8. Tidur Dengan Lampu Menyala !!! « ARS Music - 18/03/2010

[…] Tidur Dengan Lampu Menyala !!! BAHAYA, Tidur Dengan Lampu Menyala !!! […]

9. Mela - 20/03/2010

Info menarik. Aku sendiri biasa matikan lampu. sampai jumpa di final UCL ya…(moga-moga)

joni prayoga - 20/03/2010

trims atas kunjungannya,,, sampai jumpa d FinaL UCL jg,,,hehe hidup Manchester United…🙂

10. agung-gaptek - 21/03/2010

Enakan jg gelap klo tdr… Apalg klo ada yg ngelonin.. Hihihi.. Lam kenal om! *rock*

joni prayoga - 22/03/2010

jiakakkakaak…bener banget boss, paling enak bobo’ bareng mati lampu hehehe salam kenal jg, thks kunjungannya🙂

sari - 16/02/2012

wah gw selalu bobo tanpa lampu tapi blm ada yg ngelonin😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: