jump to navigation

ASI Bikin Ibu Tetap Langsing Hingga Berpuluh Tahun 07/03/2010

Posted by joni prayoga in FARMASI & KESEHATAN.
Tags: , ,
trackback

Sekarang ini, banyak banget ibu-ibu yang enggan untuk menyusui buah hatinya sendiri dan malah menyusui suami tercintanyaπŸ™‚, alasannya bermacam-macam, mulai dari waktu yang sangat menjepit akibat kegiatan yang padat sampai keinginan si-ibu untuk menjaga ‘tampilan’ payudara mereka (udah giLaaa merekaa….)

Namun sebenarnya apa yang dilakukan oleh ibu-ibu tersebut adalah SALAH BESAR…Air Susu Ibu (ASI) tak cuma memiliki manfaat buat bayi agar lebih sehat dan memberikan beberapa antibodi yang sangat berguna. ASI juga membantu ibu tetap langsing hingga beberapa tahun mendatang.

(nb: mohon baca artikelnya, jangan malah membayangkan jadi bayi di gambar heheheπŸ˜€ )

Peneliti menemukan lebih banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perempuan yang memberikan ASI pada anaknya. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa perempuan yang menyusui bisa membantu mengurangi lemak perut yang dimiliki, bahkan untuk beberapa puluh tahun ke depan.

Hasil penelitian yang telah dilaporkan dalam konferensi kesehatan American Heart Association di San Fransisco menunjukkan, perempuan usia menengah yang konsisten menyusui anaknya memiliki lingkar pinggang yang rata-rata 2,6 inci (6,6 cm) lebih kecil dibandingkan perempuan yang tidak pernah menyusui.

Candance McClure, PhD dari University of Pittsburgh mengatakan bahwa Lemak di perut merupakan tempat yang paling tidak sehat untuk menyimpan lemak bagi perempuan dan menyusui bisa benar-benar bermanfaat untuk menghilangkan lemak yang buruk ini. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa perempuan yang menyusui anaknya memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit jantung, diabetes dan sindrom metabolic.

Para ahli sudah menduga bahwa menyusui tidak hanya membantu pengeluaran kalori berlebih, tapi juga membantu perempuan untuk menghilangkan lemak perut secara lebih cepat. Karena kelebihan lemak di perut juga bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Untuk melihat efek jangka panjangnya, McClure dan rekannya menganalisis 351 perempuan yang tergabung dalam Study of Women’s Health Across the Nation Heart.

Penelitian ini berlangsung sejak tahun 2001-2003. Partisipan dibagi menjadi 29 persen perempuan yang tidak pernah menyusui, 29 persen tidak konsisten menyusui dan 42 persen menyusui anaknya secara konsisten.

Didapatkan perempuan yang tidak pernah menyusui memliki 28 persen lemak perut berlebih dibandingkan perempuan yang pernah menyusui. Sedangkan perempuan yang menyusui secara tidak konsisten memiliki lemak perut 2,6 inci (6,6 cm) lebih besar dan rasio pinggang-pinggul 4,7 persen lebih tinggi dibanding perempuan yang konsisten menyusui.

Dr Nieca Goldberg, direktur Women’s Heart Program di Langone New York University Medical Center di New York City mengatakan bahwa selain membuat perempuan tetap langsing menyusui juga bisa melindungi perempuan dari penyakit jantung. Tapi tentu saja harus didukung dengan pola hidup yang sehat sepanjang hidupnya.

Karena itu perempuan yang secara konsisten menyusui anaknya tidak hanya melakukan sesuatu yang baik untuk bayinya tapi juga untuk dirinya sendiri.

“Pikir-pikir deh buat para ibu yang enggan menyusui bayinya sendiri…lumayan kan anda dan buah hati tercinta sehat…masa’ bapaknya doank yg sehat..??? he he he”πŸ™‚


(sumber:detikhealth)

Komentar»

1. zank - 08/03/2010

Nice Post…
“menyusui buah hatinya sendiri dan malah menyusui suami tercintanya”πŸ˜€ hehehe…

joni prayoga - 08/03/2010

hehe…iseng2 aj nie…trims uda brkunjung….πŸ™‚

2. gungws - 09/03/2010

berarti..nyusui bapaknya doank ga bikin langsing?hmm..hmm…

joni prayoga - 09/03/2010

Tergantung sedotan bapaknya juga sie mybro…. sedotannya kuat semburannya kuenceng…basah deh…lho?iklan banget,,he

3. ASI Bikin Ibu Tetap Langsing « ARS Music - 17/03/2010

[…] ASI Bikin Ibu Tetap Langsing ASI Bikin Ibu Tetap Langsing Hingga Berpuluh Tahun […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: