jump to navigation

Tips Cepat Membedakan DEMAM (Biasa) vs DEMAM (Berdarah)… 02/03/2010

Posted by joni prayoga in FARMASI & KESEHATAN.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Demam merupakan penyakit yang sangat familiar bagi semua orang, biasanya disebut dengan PANAS (Bukan Paket Nasi…!!!).Walaupun sebenarnya panas bukanlah penyakit itu sendiri tapi panas biasanya adalah tanda bahwa sesuatu sedang terjadi didalam tubuh kita. Biasanya seseorang dikatakan panas bila suhu tubuhnya melebihi batas normal atau diatas 36’C atau 37’C.

Nah, ada persamaan antara Demam biasa dengan Bukan Demam Biasa (Kaya’ Afgan aja yach…hehe)…yaitu sama-sama mengalami peningkatan suhu tubuh (Ya iyalah,,,kalau peningkatan berat badan namanya GembuL !!!). Tapi tentu aja kita semua nggak mau seandainya kita cuma Demam biasa, eh malah repot-repot pergi ke Dokter, apalagi kalo misalnya Dokternya iseng (maaf pak dokter…bukan menuduh, tapi ‘misalnya’…) dan merekomendasikan untuk cek darah..sudah dipastikan anda akan menderita Demam amat teramat biasa komplikasi kantong kering..hehe…Atau malah sebaliknya, sebenarnya kita demam berdarah atau demam thypoid (tifus), eh malah bersantai ria tidur dirumah menonton tv sambil menikmati secangkir susu hangat dan roti buaya menunggu ajal menjemput… S T O P …nggak mau semua itu terjadi bukan???

Nah, maka sangatlah penting mengenali demam yang kita hadapi untuk pengatasan yang tepat…

..tips dibawah ini didasarkan dari pengalaman empiris dari penulis, ketepatannya mendekati 99,9999…dst% menjauhi 0,0%, wajib dipercaya walaupun wajah penulis sulit dipercaya..aaahhhh….pokoknya baca dulu deh, nggak nyesel…kalau anda tidak percaya uang BACA kembali 🙂

Bila suatu saat di suatu tempat  tiba-tiba tubuh kita terasa demam (panas) kadang terasa panas-dingin; dingin-panas kemudian badan lemas dan kepala mulai berkunang-kunang, mulailah dengan banyak meminum air putih (kalau bisa yang hangat; disarankan jangan yg mendidih… hehehe) dan banyak juga buang air kecil (pipis), karena ini akan membantu sirkulasi kelebihan kalor di dalam tubuh kita.

Kemudian mulailah menggunakan pakaian yang tertutup dan berbahan dasar tebal, serta berbaringlah dengan memakai selimut sampai anda berkeringat sangat banyak (diimbangi dengan minum juga ya? kalo engga dijamin anda pingsan,,hehe)

Terakhir, bila anda kurang percaya dengan langkah ringan diatas, bisa juga anda meminum obat penurun panas dengan kandungan Parasetamol ataupun Ibuprofen, kemudian kembali ulangi langkah pertama dan kedua diatas…Lalu mulailah tertidur dan masuki alam mimpi anda, lebih cepat lebih dalam….(Rommy Rafael bangets,,hehe)

Nah bila anda terbangun dengan keringat yang menjadi-jadi dan bau yang amit-amit jabang bayi..jangan berkecil hati karena keringat saya lebih bau,,,lho? ….Saat terbangun, cobalah cek suhu tubuh anda, bila menurun maka selamat…anda hanya menderita demam biasa, banyaklah beristirahat dua atau tiga hari lagi anda akan sembuh. Tapi kalo suhu anda tetap tinggi ataupun masih hangat-hangat tai ayam maka segeralah berkonsultasi dan berobat ke Rumah Sakit Jiwa terdekat…wooooooooooit….ke Dokter terdekat maksudnya mybro….

Okay Dech….Saya bukan dokter…saya juga bukan mantri….tapi mungkin tips diatas bisa membantu kawand-kawand yg sedang putus cinta….hihihihi…..🙂

JAGA KESEHATAN MY BRO…!!!

Komentar»

1. A.J.I - 03/03/2010

tambah lagi bro,…minum 1 gelas minuman berION soalnya orang DB kehabisan banyak ION tubuh

joni prayoga - 03/03/2010

benar sekali mybro…. kalo org DB atopun tifus wajib hukumnya minum minuman berION seperti PONARI SWEET🙂
tapi wajib tau dulu jg kita sebenarnya demam aja…ato demam yg ada berdarahnya,,hehe Trims😀

2. Natta - 03/03/2010

Sepengetahuan Natta, air putih yang diminum seharusnya bersuhu ruangan cenderung dingin (bukan air es) karena akan membantu proses penurunan demam.
CMIIW

joni prayoga - 03/03/2010

hehe…sya tdk berani menyalahkan n membenarkan mybro natta… tp asumsi meminum air hangat adalah agar berkeringat shingga membantu pengeluaran kelebihan panas dalam tubuh…ceiiile…uda kaya dokter aja nie,,,tapi trims banget brotha🙂

3. saranggo - 03/03/2010

air putih memang banyak manfaatnya…

joni prayoga - 03/03/2010

betul skali mybro…banyak manfaatnya dan mudah dijangkau…🙂

4. darahbiroe - 04/03/2010
joni prayoga - 04/03/2010

wah obat rakyat tu mybro…parasetamol…hehehe

Oke sudah berkunjung…..hehehe😀

5. She - 06/03/2010

makasih atas info nya, btw….baru2 ini aku mengalami hal seperti itu, tapi beruntunglah trombosit darah tidak sempat turun drastis,dengan bekal pengalaman dibantu denga jus jambu batu hehehehhe

joni prayoga - 06/03/2010

sama2, n trims…. wah2, wajib berhati2 skarang cuaca lg ga mndukung so wajib jaga kondisi….smoga sehat selalu😀

6. endy21 - 11/04/2010

hhohooh…, info-nya kok begini? tp lucu sih ^_^ dan bener kayaknya😀

joni prayoga - 11/04/2010

wkwkwkwk…maaf bro kalo infonya tak seperti yang di harapkan…nanti pasti saya berikan artikel yg lebih diharapkan maklum,,,wkwkwkwkwk🙂 trims kunjunganny

7. ami anak Ida Roshida - 15/08/2012

makasih mbro

8. AnGel Mickyo - 03/11/2012

numpang tanya……jika siap mkn obat ok tapi setelah beberapa jam kumat lge,,,smp 9 hari mcm tu itu tanda2 demam apa,ya???? udah cek darah sm urin tak ada masalah apa2….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: