jump to navigation

KOI : Keindahannya Menyihir Setiap Mata 10/02/2010

Posted by joni prayoga in Uncategorized.
Tags: ,
trackback

Cuaca kaya’ sekarang ini, PANAS…GERAH…SUMUK…Memang waktu yang paling enak buat duduk bersantai di pinggir kolam sambil menikmati sejuknya air terjun mini, ataupun sekedar pancuran kecil yang memberi nuansa sejuk hmmmmm…Ditambah menikmati liukan sekelompok ikan koi yang sedang diberi makan  terlihat sempurna dan penuh keindahan dech…😀

Nah, ngomong-ngomong tentang ikan koi, jadi penasaran nie…sebenarnya koi itu ikan seperti apa sie?

IKAN KOI bentuknya mirip ikan emas, karena keduanya memang berasal dari genetik yang sama, yakni ikan kap (Cyprinus carpio). Di Jepang, ikan ini dinamakan nishikigoi (Cyprinus carpadie) maksudnya, ikan berwarna warni.. Kebetulan ini sudah ada sejak 2.500 tahun lalu, pada zaman pemerintahan Raja Shoko dan sampai kini dipakai para peminatnya di seluruh dunia.

Nie klasifikasi dari Ikan Koi kalo nggak percaya…😀

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio

Selain memiliki bentuk tubuh dan corak warna yang indah, ikan koi juga merupakan ikan pembawa keberuntungan. Kenapa???ga tau….mitos nie…tapi percaya aja deh..hehehe…Karena itu, ikan ini tidak hanya layak dikoleksi, tetapi juga banyak dibudidayakan, nggak cuma di Jepang, sekarang ini di Indonesia juga terdapat beberapa tempat pembudi-handukan…halah…pembudidayaan koi.

Di negara asalnya Jepang, ikan koi bisa mencapai panjang maksimum 120 cm. Sedangkan di Indonesia ikan koi baru bisa mencapai panjang maksimum 75 cm (wah Mak Erot harus segera bertindak nie…hihihi). Ikan koi termasuk ikan yang berumur panjang. Konon ikan koi milik Kekaisaran Jepang mencapai umur 120 tahun, dengan panjang 120 cm. Bila ditanya tentang harga??? percaya gak kalo harga ikan asal Jepang ini berkisar antara 100 ribu hingga i25 juta..($$$…buseeeet…)

Karena harganya mahal, perawatan ikan ini juga nggak segampang yang dibayangkan…apalagi kalo sampe menyamakan cara pemeliharaan koi sama lele…dijamin ikan koi kita bakalan jadi KOI goreng Rp.28.000,- heheheehe… Memelihara koi itu gampang-gampangsusah…harus ada gagalnya dulu, ga mungkin langsung sukses sie..Umumnya kita harus punya kolam dulu (ya iyalah masa pelihara di bak mandi??) bisa besar atau kecil, secara langsung bakalan mempengaruhi ukuran tubuh dari ikan ini sendiri, kalo ukuran kolam gede maka ikan akan cepat besar karena tempat pergerakan yang luas, tapi tenang kalo ukuran kolam kecil ikan gak akan mengecil kok🙂. Kemudian kolam yang sudah tersedia harus dilengkapi sistem filtrasi, biasa terbuat dari bak yang didalamnya terdapat beberapa lapisan penyaring (bisa ditanya langsung ke dagang aquarium deh,,,saya lpa namany..yang jelas salah satu namany adalah “bio ball”) atau dari blog yang saya baca bisa menggunakan ‘ijuk’ didalam filter, kemudian air dari kolam dialirkan menuju bak dengan mesin pompa (ukuran pompa sesuai kolam..), nah air yang mengalir melewati saringan akan turun kembali ke kolam dengan keadaan yang bersih, maklum konon ikan koi pembuangannya banyak euy….. Saya sendiri sie memakai sistem filtrasi dari ember yang diberi 3 lobang bagian bawahnya (jumlah lubang disesuaikan dengan selera..hihihi) kemudian di dalam ember diberikan lapisan saringan yang saya beli dari pedagang aquarium, dan untungnya koi saya masih hidup dengan sehat walafiat..hehe…masalah sistem filtrasi bisa dilihat disini (http://ngeblogging.blogspot.com)

Satu lagi pantangan dalam memelihara koi adalah jangan pernah menguras kolam dengan cara sporadis…maksudnya saat menguras kolam, jangan memindahkan ikan, menyikat dasar dan dinding kolam, apalagi menyikat dengan pasta gigi ber-flouride..lho???  sebenarnya menguras kolam koi cukup dengan membuang setengah air kolam, kemudian mengisi kembali dengan air baru, karena menurut Einstein (Einstein dari Hongkong??..hehe) Ikan Koi susah beradaptasi dengan kondisi air yang baru, dan terkadang dia akan stress dengan habitat yang asing..uhuk uhuk… Lumut-Lumut ijo..ijo-ijo Lumut..yang tumbuh dengan sehat didinding-dinding kolam diharapkan jangan digubris sebab menurut Thomas Alfa Edisson (penemu lampu lampu bukan???,,hihihi) lumut merupakan makanan alami koi dan mengandung banyak spirulina yang dapat membantu mencerahkan warna koi. Memberi makanan pada koi juga harus diperhatikan kawan, perhitungannya adalah memberi makanan sekali habis, maksudnya jangan berlebihanlah apalagi sampai mengambang berhari-hari..bertahun-tahun,,di kolam anda karena akan merusak kualitas air…betul..betul…betul..hehe…

Sekarang saya sudah berhasil memelihara ikan koi, yang memang pemeliharaannya sangatlah ribet, namun setelah anda sukses memelihara maka merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat kita. Selain konon membawa keberuntungan, ikan koi merupakan ikan jinak dan bersahabat, menurut beberapa penelitian, Ikan ini memiliki tingkat kepintaran diatas ikan-ikan kolam lainnya, maka daripada itu ikan koi bisa dilatih dan akan bertindak sesuai dengan kebiasaannya, biasanya sieh mereka bisa mengambil makanan dari tangan kita sendiri..tapi koi saya belum bisa,,bukan teorinya yang salah atau koi-nya yang goblok tapi mungkin karena tangan saya bau terasi ya??hehehehe🙂

Okailah kawan, bagi yang berminat memelihara Ikan Koi, dijamin nggak ada ruginya, begitu nikmat…

Disini juga ada situs-situs dimana kita bisa mengetahui tips-tips memelihara koi yang baik :):

(http://www.koiblitar.com/)
(http://www.breederkoi.com/)
(http://www.terminalkoi.com/)
(http://sentralkoi.multiply.com/)
(http://www.sugikoi.com/)
(http://www.o-fish.com/Koi/)

Bagi kawand-kawand yang mau berbagi cerita dan tips…dengan senang hati saya tunggu ‘comment’ di bawah ini…😀

Buktikan bahwa Keindahan Ikan Koi dapat menyihir setiap mata..ehhm..ehhhm…hehe

sukses!!!

NB :ada video koi-koi peliharaan saya nie, walopun kecil, bangga donks punya sendiri,,hehe klik saja (4SHARED)

Komentar»

1. kris - 28/02/2012

bener nih 5 koi aku mati gara2 salah nguras kolam hik…hik…hik…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: